Serunya Main VR Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho!


Teknologi Virtual Reality (VR) saat ini memang sedang populer. Virtual Reality memungkinkan kamu bisa berinteraksi dengan objek atau lingkungan imajinasi yang disimulasikan oleh komputer. Lingkungan imajinasi ini dikenal sebagai computer-simulated environment. VR bisa membuat kamu merasakan realita baru. Teknologi VR dikembangkan pada berbagai bidang di antaranya penerbangan, pendidikan, kesehatan, dan game.

Dengan VR, para gamer merasakan pengalaman dan sensasi yang lebih seru dibadingkan video game biasa. Banyak youtubers luar dan dalam negeri mencoba bermain VR dalam kontennya, seperti Edho Zell saat bermain game horor VR buatan Indonesia ‘Oculus Rift’ ataupun youtuber asal Irlandia, Jackseptieye ketika bermain ‘Richies Plank Experience’. Di samping keseruannya, VR juga memiliki banyak manfaat yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Hiburan untuk mengurangi stres dan penat

(Photo Credit: Shutterstock)

Tak perlu diragukan, bermain game tentu bisa jadi hiburan tersendiri, terlebih jika permainan tersebut terasa nyata seperti game VR. Hal itu tidak hanya bisa menghilangkan penat kamu, tapi juga dapat mengurangi stres.

Sebagai alat relaksasi, kamu bisa mencoba game VR yang misalnya bermain dengan realisme buatan mengenai pantai atau padang rumput. Bermain VR dengan bertanding tenis pun patut kamu coba karena dengan permainan ini badan kamu refleks untuk bergerak yang tentunya akan memperlancar peredaran darah seperti saat berolahraga.

2. Menjaga kebugaran dengan bermain VR

(Photo Credit: Shutterstock)

Berlama-lama duduk di meja kantor atau bangku sekolah membuat badan kamu jarang bergerak. Apalagi, jika kamu tidak rutin olahraga. Sekarang kamu bisa memaksa tubuh bergerak dengan cara yang seru melalui teknologi VR. Saat bermain, kamu juga akan dilengkapi perangkat agar gerakan kamu dapat berinteraksi dengan objek dan lingkungan maya tersebut.

Melompat, berjalan, menunduk, tiarap menghindari peluru, dan masih banyak gerakan lain yang mungkin kamu lakukan saat bermain VR. Terlebih, jika game yang kamu mainkan adalah permainan olahraga. Olahraga jadi lebih menyenangkan, bukan?

3. Mengurangi ketakutan & meningkatkan percaya diri

(Photo Credit: Shutterstock)

Bermain video game dengan teknologi VR juga bisa menjadi wahana agar kamu bisa mengurangi rasa takut dan meningkatkan kepercayaan diri. Teknologi VR dapat membuat realitas buatan dengan menampilkan lingkungan atau objek yang ditakuti untuk diselesaikan dalam permainan.

Misalnya, memecahkan puzzle pada game VR bergenre horor bisa menjadi terapi agar penakut dapat lebih berani. Ada perasaan bangga saat berhasil menyelesaikan tantangan pada game VR. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri di dunia nyata.

4. Semakin intim & kompak bersama keluarga

(Photo Credit: Shutterstock)

Banyak permainan VR harus dilakukan secara tim. Untuk memulai games, kamu harus memiliki tim atau bergabung dengan tim lain. Agar lebih seru, ajak keluarga atau teman dekat bermain VR secara tim. Hal tersebut tentunya akan lebih mengakrabkan satu sama lain juga meningkatkan kekompakan. Jadi semakin intim kan?

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, tak sulit untuk menemukan tempat bermain VR yang seru. Pasalnya, kamu bisa bermain VR di CoHive x Sandbox VR. Di sini, kamu akan merasakan pengalaman melawan zombie pada game Deadwood Mansion, melawan perompak tengkorak pada Curse of Davy Jones, ataupun menaklukan musuh dari ketinggian pada game Amber Sky 2088.

Di Indonesia, permainan ini pertama kali hadir sejak Februari 2019 lalu di Street Gallery lantai 2 Pondok Indah Mall 2. Tertarik mencoba VR di Sandbox? Kamu bisa memesan tiketnya dengan mudah di Traveloka. Selain mudah, harga tiketnya pun akan lebih murah dengan adanya potongan harga ataupun diskon khusus. Menarik, bukan?

FB.getLoginStatus(function( response ) { getLogin( response ); }); };

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) {return;} js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

(function(d, s, id){ var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) {return;} js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));



Source link