Liburan Hemat Anti Ribet Saat High Season? Siasati dengan Tips Ini!


High season di Indonesia biasanya bertepatan dengan liburan anak sekolah. Musim ini sering kali disebut-sebut sebagai waktu paling tinggi peminatnya untuk melakukan perjalanan wisata. Alasannya karena biasanya harga tiket dan hotel akan melambung tinggi daripada biasanya. Belum lagi keadaan tempat wisata yang akan lebih ramai dibandingkan hari biasa. Tidak heran kalau para traveller biasanya menghindari musim ini. Tapi, jika kamu tahu tipsnya, liburan hemat anti ribet saat high season sebenarnya bisa disiasati. Simak ulasannya berikut ini:

1. Pilih destinasi anti mainstream

(Photo Credit: Shutterstock)

Meskipun high season, destinasi yang jarang diketahui banyak orang biasanya tidak akan menguras dompetmu. Selain itu, berlibur di tempat wisata ‘rahasia’ ini akan membuatmu lebih nyaman dalam menikmati waktu liburanmu. Pasalnya, tempat tersebut akan jauh dari kesan ramai pengunjung. Kamu pun bisa lebih leluasa bersantai atau berfoto-foto. Untuk lebih menekan biaya, pilihlah destinasi wisata alam seperti pantai, gunung atau hutan. Umumnya, jenis wisata ini lebih terjangkau dan tak kalah seru dengan tempat rekreasi lainnya.

2. Hindari membuat rencana liburan terlalu banyak

(Photo Credit: Shutterstock)

Biasanya saat mengunjungi tempat baru, kamu akan sangat bersemangat untuk bisa mengeksplorasi tempat-tempat menarik di sekitarnya. Namun, agar hal-hal ribet yang membuat liburanmu menjadi kurang seru dan melelahkan tidak terjadi, sebaiknya hindari membuat terlalu banyak itinerary yang padat. Berliburlah sebagaimana waktu itu berjalan dan nikmati setiap momennya. Ingatlah bahwa tujuan liburanmu adalah untuk menyegarkan kembali pikiran dan tenaga yang telah lelah beraktivitas.

3. Siapkan berbagai macam informasi sebelum berangkat

(Photo Credit: Shutterstock)

Agar tidak banyak waktu terbuang percuma untuk mencari aktivitas yang akan dilakukan saat liburan, sebaiknya siapkan berbagai macam informasi mengenai destinasi yang akan kamu kunjungi sebelum keberangkatan. Penting juga bagi kamu untuk mencari tahu beberapa hal mengenai keamanan tempat wisata, cuaca hingga tempat makan populer yang akan dikunjungi. Selain menghemat biaya, kamu juga bisa menghemat tenaga agar liburanmu tidak berujung ribet.

4. Reservasi tiket dan hotel sekaligus secara online

(Photo Credit: Shutterstock)

Tips liburan hemat anti ribet selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memesan tiket  dan hotel secara online. Memesan tiket dan hotel melalui aplikasi travel online memungkinkan kamu untuk membandingkan harga serta menikmati promo yang menarik secara praktis.

Untuk menjawab hal tersebut, Traveloka menyediakan solusi yang tepat untuk kamu yang menginginkan liburan hemat anti ribet. Sebagai aplikasi travel andalan para traveller, Traveloka menyediakan pemesanan tiket pesawat + hotel agar liburanmu lebih hemat dan tidak ribet. Selain itu, menjelang momen liburan anak sekolah atau high season tahun ini, Traveloka akan memberi kejutan promo besar-besaran untuk paket pesawat + hotel tujuan domestik (mulai 24 – 27 Juni 2019) maupun internasional. (mulai 28 – 30 Juni 2019). Pastikan kamu tidak kelewatan promo menariknya, ya.

5. Bawalah uang tunai

(Photo Credit: Shutterstock)

Bawalah selalu uang tunai saat kamu berlibur. Dengan membawa uang tunai, kamu akan lebih bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan, dengan cara melihat langsung berapa uang yang tersisa. Tujuannya agar kamu dapat berpikir lebih matang sebelum mengeluarkan uang. Perlu diingat, bawalah uang secukupnya saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Meski demikian, jika ada kebutuhan sangat mendadak, kartu debit dan kredit tetap bisa kamu gunakan.

6. Bijak dalam membeli oleh-oleh

(Photo Credit: Shutterstock)

Membeli oleh-oleh ketika liburan seakan menjadi tradisi bagi banyak orang. Jika kamu rasa perlu, bijaklah dalam membelinya. Oleh-oleh tidaklah harus mahal, yang penting berkesan. Hindari juga membeli oleh-oleh di area tempat wisata karena harganya yang mahal. Sebagai alternatif, kamu bisa mencari oleh-oleh di pasar tradisional di kota tempat wisata yang kamu kunjungi.

Itulah beberapa tips yang bisa menyiasati liburanmu kali ini agar bisa lebih hemat dan tidak ribet. Selain ketujuh hal di atas, jangan lupa perhatikan juga kondisi kesehatanmu selama liburan, ya! Di mana pun tempatnya, kalau kamu dalam keadaan sakit, tentunya rencana liburanmu akan berantakan. Selamat liburan hemat, semoga menyenangkan!

FB.getLoginStatus(function( response ) { getLogin( response ); }); };

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) {return;} js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

(function(d, s, id){ var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) {return;} js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));



Source link