5 Fakta Tari Kecak Bali, Tarian Unik yang Penuh Pesan Moral


Fakta Tari Kecak – Nama tari Kecak mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu. Jika kamu pernah berkunjung ke Bali, kamu mungkin sudah hapal di mana saja tempat menonton tari Kecak yang tentunya akan membuat liburan kamu semakin berkesan.

Tari Kecak adalah sebuah tari tradisional Bali yang biasanya ditarikan oleh puluhan penari laki-laki yang mengelilingi perapian. Tidak hanya para penari laki-laki yang duduk mengelilingi perapian tersebut, ada juga penari lain yang menari di bagian tengah.

Para penari dengan kostum yang berbeda dan lebih mencolok ini menari dengan diiringi oleh suara para penari laki-laki yang membentuk lingkaran di sekelilingnya.

Sebagai salah satu tarian yang sangat terkenal di Bali, tari Kecak telah menjadi salah satu pesona wisata budaya yang tak tergantikan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang penasaran dengan berbagai fakta tentang tari Kecak.

Jika kamu adalah salah satu yang penasaran dengan fakta tari Kecak, berikut ini ada beberapa fakta tari Kecak yang unik. Simak dulu pembahasan di bawah ini sebelum kamu pergi ke Bali untuk menonton tari Kecak, sobat tiket!

5 Fakta Tari Kecak Bali, Unik dan Bikin Penasaran

Kamu penasaran dengan fakta tari Kecak Bali? Berikut ini ada beberapa fakta tari Kecak untuk kamu simak!

1. Diciptakan oleh Wayan Limbak

Tahukah kamu siapa pencipta tari Kecak yang legendaris ini? Beliau adalah Wayan Limbak, seorang seniman tari asal Bali yang lahir pada tahun 1897. Wayan Limbak menciptakan tari Kecak bersama dengan Walter Spies, seorang seniman lukis dan musik dari Jerman.

Tari Kecak muncul karena terinspirasi oleh tari Sanghyang, sebuah tarian religius untuk menolak bala. Wayan Limbak terinspirasi untuk memodifikasi tari Sanghyang menjadi tari Kecak yang bisa diperkenalkan lebih luas ke seluruh dunia.

2. Mengambil Cerita dari Epos Ramayana

Tari Kecak adalah sebuah tarian dengan pesan moral yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan tarian ini juga mengambil cerita dari epos Ramayana. Tari Kecak Bali mengambil bagian epos Ramayana tentang kisah Rahwana yang berusaha menculik Dewi Sinta, serta perjuangan pasukan Rama untuk menyelamatkan permaisurinya yang cantik tersebut.

Tentu saja, epos Ramayana memiliki kisah dengan pesan moral tinggi, di antaranya adalah tentang keberanian, strategi, dan kesetiaan pada pasangan.

3. Tari Kecak Tidak Diiringi Alat Musik

Mungkin ini adalah salah satu hal yang paling unik terkait fakta tari Kecak. Fakta tari Kecak yang tidak diiringi alat musik sama sekali membuat banyak wisatawan tertarik untuk menyaksikan tarian ini saat berwisata ke Bali.

Iringan utama dari tari Kecak adalah suara ‘cak’, ‘cak’, ‘cak’ dari para penari laki-laki yang membentuk formasi lingkaran. Tentu hal ini cukup berbeda dengan banyak tarian pada umumnya, di mana fungsi alat musik tidak tergantikan untuk menjadi pengiring utama.

4. Jumlah Penari Tak Terbatas

Salah satu keunikan yang dimiliki tari Kecak adalah ketentuan jumlah penari yang tidak terbatas. Tari Kecak bisa ditarikan oleh puluhan bahkan ribuan orang. Banyaknya penari ini akan mengiringi pelakon di tengah lingkaran yang memerankan tokoh dalam epos Ramayana.

Salah satu tari Kecak dengan jumlah penari terbanyak adalah sebuah pertunjukan tari Kecak di Tanah Lot yang dipentaskan pada tanggal 26 September 2006. Tarian ini berhasil memecahkan Rekor MURI karena ditarikan oleh 5.000 penari.

5. Tempat Menonton Tari Kecak di Bali

Untuk kamu yang ingin menonton tari Kecak di Bali, ada beberapa tempat untuk menonton tari Kecak di Bali yang bisa kamu kunjungi. Beberapa di antara berbagai tempat menonton tari Kecak di Bali adalah di Pura Luhur Uluwatu dan Tanah Lot. Jika kamu ingin tahu lebih banyak lagi, kamu bisa membaca artikel tempat menonton tari Kecak di Bali.

Nah, karena sudah tahu beberapa fakta tari Kecak yang menarik di atas, kamu jadi makin penasaran kan untuk menonton tari Kecak langsung di Pulau Dewata?

Liburan ke Bali, Pesan Tiket Pesawat di tiket.com

Kamu kini sudah mengetahui berbagai fakta tari Kecak yang menarik. Kini saatnya kamu berkunjung ke Bali untuk liburan dan menonton tari Kecak. Pesan tiket pesawat ke Bali di tiket.com untuk segera terbang ke Pulau Dewata. Selain bisa pesan tiket pesawat ke Bali, kamu juga bisa pesan hotel atau sewa mobil di Bali di tiket.com.

Ayo berangkat ke Bali sekarang, sobat tiket!





Source link