14 Makanan Khas Solo yang Wajib Dicoba, Ada Favoritmu?


Makanan Khas Solo – Sobat tiket, kamu pastinya setuju kalau Kota Solo atau Surakarta akan selalu menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk banyak orang. Solo punya banyak pesona wisata bernuansa alam dan budaya yang membuat siapa pun nggak bisa menolak untuk datang kembali ke kota ini.

Selain kekayaan wisatanya yang beragam, banyak juga makanan khas Solo yang bisa kamu coba seraya jalan-jalan di kota yang juga dijuluki “The Spirit of Java” ini.

Makanan Khas Solo yang Wajib Dicoba, Ayo Cicipi!

Untuk sobat tiket yang punya keinginan atau justru sedang jalan-jalan di Solo, berikut ini ada 14 makanan khas Solo yang wajib dicoba. Buktikan kamu adalah pecinta kuliner dengan mencicipi daftar makanan enak di Solo berikut ini.

1. Bakso Solo

Siapa sih yang nggak tahu bakso Solo? Makanan lezat dari Solo ini terbuat dari bahan utama daging sapi giling yang dibentuk menjadi butiran, kemudian diperkaya dengan kuah kaldu yang lezat. Bukan hanya di Solo, makanan khas Solo ini juga banyak ditemukan di berbagai kota lainnya.

Kalau sobat tiket ingin mencicipi lezatnya Bakso Solo, kamu bisa mencoba datang ke beberapa warung bakso Solo, di antaranya Bakso Solo Alex (Jl. Yosodipuro, Ketelan, Banjarsari), Bakso Kadipolo (Banjarsari), dan Bakso Titoti (Jl. Honggowongso, Kemlayan, Serengan).

2. Selat Solo

Jangan sampai deh kamu kulineran di Solo tapi melewatkan makanan khas Solo yang satu ini? Selat Solo adalah kuliner bistik khas Jawa yang dihidangkan dengan berbagai macam sayuran. Bahan utamanya sendiri adalah daging sapi has luar dan kuah manis yang encer.

Kamu bisa mencicipi selat Solo di beberapa tempat yang tersebar di kota ini, seperti di Warung Selat Mbak Lies (Jalan Veteran, Serengan), Selat Warung Tenda Biru (Jl. K.H. Samanhudi, Laweyan), atau di Omah Selat Solo (Jl. Gotong Royong, Jagalan, Jebres).

3. Soto Kwali

Indonesia memang punya banyak jenis kuliner soto yang terkenal di berbagai daerah. Salah satu soto di Indonesia yang punya banyak penggemar adalah soto kwali khas Solo. Kwali adalah wadah tradisional yang terbuat dari tanah liat. Soto yang dimasak di dalam kuali akan memiliki aroma yang khas dan tentunya hal tersebut menambah kelezatan soto saat disantap.

Salah satu tempat makan soto kwali yang recommended di Solo adalah Soto Kwali Pak Gino di Jalan Ki Mangun Sarkoro.

4. Tahu Kupat

Makanan khas Solo lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah tahu kupat. Kuliner khas Solo yang enak ini terdiri dari ketupat dan tahu putih goreng yang diiris-iris. Selain itu, makanan ini juga dilengkapi dengan kol, tauge, mie, dan kuah kecap yang manis.

Kamu bisa mencicipi kuliner tahu kupat diantaranya di Tahu Kupat Telor Sido Mampir Mbak Ida di Punggawan, Banjarsari, Solo, atau di Tahu Kupat Gombloh di Jalan Perintis Kemerdekaan, Laweyan.

5. Timlo

Sop daging ala Solo ini udah terkenal banget. Lagipula, siapa sih yang nggak tergoda untuk mencicipi makanan khas Solo yang terdiri dari suwiran daging ayam, telur, dan sosis solo yang sedap ini? Timlo pas banget kalau kamu santap dengan nasi putih dalam keadaan hangat.

Lalu di mana kamu bisa mencicipi Timlo? Coba datang ke Timlo Kwali Mangkunegaran di Jalan Raden Mas Said di Banjarsari, Solo. Kamu juga bisa datang ke warung Timlo Solo Sastro yang berlokasi di Pasar Gede.

6. Serabi Solo

Setelah mencicipi makanan berat, kamu tentunya juga penasaran untuk mencicipi serabi Solo yang udah terkenal banget di kalangan pecinta kuliner. Kue tradisional yang legendaris ini terbuat dari tepung beras dengan tekstur yang lembut.

Salah satu tempat membeli serabi Solo yang terkenal banget adalah di Serabi Notosuman yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin. Kamu juga bisa membawa makanan khas Solo ini sebagai oleh-oleh loh, sobat tiket. Asik kan?

7. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah menu sarapan khas Solo yang berupa nasi gurih dengan sayur, ayam, dan areh. Nasi gurih yang disajikan ini dimasak dengan santan sehingga rasanya berbeda dari nasi pada umumnya.

Kalau kamu penasaran bagaimana rasa makanan khas Solo ini, cobain kuliner nasi liwet, salah satunya di Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

8. Tengkleng Kambing

Kamu suka makan daging kambing? Kalau ya, berarti kamu harus mencicipi makanan khas Solo yang wajib dicoba ini. Namanya adalah tengkleng kambing. Sekilas, tengkleng kambing mirip dengan gulai. Namun, sebenarnya nggak sama, lho!

Kamu penasaran dengan kuliner yang satu ini? Coba datang ke salah satu warung tengkleng yang sudah terkenal di kalangan pecinta kuliner Solo, yaitu Warung Tengkleng Klewer Bu Edi di sekitar Pasar Klewer.

9. Gudeg Ceker

Makanan khas Solo selanjutnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah gudeg ceker. Ceker alias cakar ayam adalah bahan utama dalam pembuatan menu kuliner tradisional ini. Gudeg ceker sangat lezat saat disantap dengan nasi gurih, sambal krecek, dan sedikit kuah kaldu.

Penasaran dengan kuliner yang satu ini? Coba datang ke warung Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno di Jalan Monginsidi, Solo.

10. Sate Buntel

Solo juga punya kuliner sate yang nggak kalah lezatnya, lho. Kuliner ini bernama sate buntel. Sate buntel khas Solo adalah kuliner dari daging kambing cincang. Untuk membentuk sate menjadi lebih padat, ada lapisan lemak tipis di bagian luar yang juga memperkaya rasa sate ini.

Kamu mau mencicipi makanan khas Solo ini, sobat tiket? Coba datang ke Warung Sate Bu Hj. Bejo yang berlokasi di Jalan Sungai Sebakung, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.

11. Wedangan

Kalau kulineran di Solo, kamu akan menemukan tempat makan yang disebut kedai wedangan. Wedangan ini sebenarnya adalah tempat makan sekaligus tempat nongkrong yang asik untuk menghabiskan malam.

Ada ratusan wedangan di Kota Solo. Salah satu makanan khas Solo yang paling populer di wedangan adalah nasi kucing, yaitu nasi dengan lauk bandeng dan sambal. Salah satu wedangan yang bisa kamu kunjungi di Solo adalah wedangan Pak Dhie yang berlokasi di belakang Keraton Mangkunegaran.

12. Brambang Asem

Salah satu makanan Solo yang khas dan sudah ada sejak lama adalah brambang asem. Makanan yang satu ini terbuat dari daun ubi jalar yang direbus, memiliki aroma bawang, serta karakter rasa yang pedas.

Makanan ini paling cocok jika disantap dengan tempe gembus. Tanpa tempe gembus, rasanya kurang lengkap. Banyak sekali tempat yang menjual brambang asem. Kamu bisa menemukan salah satunya di Pasar Gede.

13. Tahok

Makanan di Solo yang sangat terkenal salah satunya adalah tahok. Makanan ini wajib banget untuk kamu coba karena rasanya yang sangat nikmat. Di tempat lain, makanan ini lebih dikenal dengan sebutan kembang tahu.

Tahok memiliki tekstur yang lembut seperti puding dan rasanya manis. Biasanya makanan ini disantap dengan kuah gula jawa yang hangat. Tempat mencicipi tahok yang terkenal adalah tahok Pak Citro yang ada di Jalan Suryopranoto.

14. Es Gempol

Kalau kamu cari makanan khas Solo yang segar, maka kamu bisa coba menyantap es gempol. Kuliner ini terbuat dari gempol, santan, dan gula cair. Kata gempol sendiri asalnya dari adonan tepung beras yang dibentuk dan diwarnai, kemudian dikukus.

Di siang hari yang panas, kamu bisa pesan es gempol yang disajikan dengan es batu. Pastinya bisa menyegarkan kembali harimu dan siap mengeksplor kota Solo lebih jauh lagi. Untuk mencicipinya, kamu bisa datang ke daerah Laweyan, Solo.

Kuliner Khas Solo Pastinya Bikin Kangen

Sobat tiket, setelah kamu tahu 14 makanan khas Solo yang wajib dicicipi di atas, sekarang saatnya kamu untuk mempersiapkan acara jalan-jalan ke Solo. Jangan lupa untuk pesan tiket kereta ke Solo di tiket.com sebagai pilihan transportasimu. Setelah dari Solo, kamu juga bisa nih melanjutkan perjalanan ke Jogja. Baca 6 tempat wisata di Jogja terbaik versi tiket.com berikut ini.





Source link